Penuhi Kebutuhan Biji Utuh dengan Sereal Sarapan

beragam biji-bijian

beragam biji-bijian

Kebutuhan serat setiap hari biasanya dipenuhi dari buah dan sayur. Sebenarnya biji-bijian utuh juga bisa dimasukkan sebagai salah satu sumber pemenuhan kebutuhan serat. Menariknya, selain serat, biji-bijian utuh juga mengandung antioksidan yang baik bagi tubuh. Nasi merah, gandum utuh, padi gogo, jagung, dan sereal sarapan adalah beberapa sumber biji-bijian utuh.

Orang Indonesia sudah mengenal beras merah, jagung maupun padi gogo. Bukan hanya mengenal, tetapi juga menjadi santapan sehari-hari. Banyak manfaat yang diperoleh dari sumber makanan yang tergolong dalam biji-bijian utuh tersebut. Dalam situs WebMD disebutkan bahwa konsumsi lebih banyak biji utuh adalah cara mudah untuk membuat diet lebih sehat. Mengapa demikian ? Tak lain karena biji utuh padat nutrisi. Biji-bijian utuh merupakan sumber karbohidrat kompleks yang baik ditambah dengan adanya vitamin dan mineral. Biji-bijian ini secara alami juga tergolong rendah lemak, sehingga dapat dijadikan pilihan makanan yang menyehatkan. Selain itu, biji-bijian utuh juga mengandung protein, polifenol, vitamin B, antioksidan, dan mineral.

Kaya Serat

Biji utuh bisa menjadi sumber serat yang baik. Gandum utuh misalnya, mengandung 12,2 gram serat per 100 gram. Setiap 100 gram oat utuh mengandung 10,3 gram serat, sedangkan 100 gram beras merah 1,8 gram serat. Dengan kandungan serat serta sejumlah nutrisi lain, biji-bijian utuh dapat dijadikan bagian penting dalam diet sehat. Dietary Guideliness for Americans 2010 merekomendasikan setidaknya setengah dari biji-bijian yang disantap adalah biji utuh. Saran tersebut akan mendorong masyarakat menyantap lebih banyak biji-bijian utuh. Berita baiknya lagi, biji-bijian utuh dikaitkan dengan resiko lebih rendah terhadap sejumlah penyakit. Studi menunjukkan, konsumsi whole grain 3 porsi atau sekitar 48 gram per hari menurunkan resiko kelebihan berat badan, diabetes melitus, penyakit jantung.

Rekomendasi Tiga Porsi

Melihat sedemikian banyaknya manfaat dari biji-bijian utuh, sejumlah negara memberi rekomendasi asupannya. Di Denmark contohnya, direkomendasikan asupan biji-bijian utuh 75 gram per hari. Sejumlah ahli gizi di beberapa negara menyarankan konsumsi biji-bijian atau gandum utuh setidaknya 48 gram atau setara dengan 3 porsi sehari. Di Indonesia, menurut Prof. DR. Hardinsyah, MS, ahli gizi dan pangan dari IPB, belum ada rekomendasi asupan biji-bijian utuh dari makanan. Sejumlah sumber biji-bijian utuh di Indonesia bisa diperoleh dari jagung rebus, popcorn, maupun padi gogo. Sayangnya, kebanyakan dari kita tetap masih kurang mengonsumsi biji utuh. Sebagai contoh, rata-rata orang Amerika saja baru mengonsumsi kurang dari satu porsi setiap hari, dan lebih dari 40 persen tidak pernah mengonsumsi biji utuh sama sekali.

Ada beberapa penyebab terjadinya kondisi tersebut. Salah satunya, tidak selalu mudah untuk mengetahui makanan apa saja yang mengandung biji utuh. Penyebab lainnya, masih banyak orang beranggapan bahwa biji utuh tidak enak atau sulit untuk memasukkan dalam diet sehari-hari. Alasan lainnya, waktu memasak yang lama, memicu perut kembung, ketersediaan di restoran, supermarket, harga, rasa, dan kurang variasi. @garrybaldhi

Perihal Souvenir From Monaco
Selamat Datang.. Salam Blogger..!! ^_^

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: